ESSAY

Writer / NIM
AFRIANTI USMAN / 151415008
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstract
ABSTRAK Afrianti Usman. 2019. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Media Lingkungan Di Kelas IV SDN 04 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 04 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 14 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan media lingkungan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 04 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Hal ini ditunjukan dengan tingkat motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 55,09%. Sedangkan pada siklus II sebesar 81,07%. Keseluruhan tindakan pada penelitian tindakan kelas dapat dikatakan berhasil sebab tingkat motivasi belajar siswa yang terdapat pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media lingkungan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 4 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media lingkungan dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 4 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci: Motivasi Belajar. Pembelajaran IPS, Media Lingkungan.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011