ESSAY

Writer / NIM
WIDYANINGSIH S. WANTU / 151415015
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstract
ABSTRAK Wantu. Widyaningsih S. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Media Edukatif Teka Teki Silang Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahun Sosialdi kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. HakopWalangadi, S.Pd, MSi dan Pembimbing II Drs. Haris Mahmud, MSi. Rumusan masalah pada penelitian ini yakniapakah dengan menggunakan media edukatif teka teki silang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahun Sosial di kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo? Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa melalui media edukatif teka teki silang pada pembelajaran Ilmu Pengetahun Sosial di kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan evaluasi, analisis dan refleksi.Subjek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukanbahwa hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahun Sosial saat observasi awal menunjukkan bahwa dari 25 orang siswa kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo, 17 siswa atau 68% yang belum mencapai standar ketuntasan minimal dengan KKM 75 pada pembelajaran Ilmu Pengetahun Sosial, namun setelah diberikan tindakan pada siklus 1 meningkat menjadi 15 orang atau 60%, dan pada siklus 2 menjadi 23 orang atau 92%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media edukatifteka teki silangterbukti dapatmeningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahun Sosial di kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Kemampuan Berfikir Kritis Siswa; Media Edukatif Teka Teki Silang ABSTRACT Wantu. Widyaningsih S. 2019. Improving Students' Critical Thinking Ability Through Educative Interpretive Media on Social Knowledge Learning in Grade IV of SDN 4 Batudaa Gorontalo District. Essay. Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra. HakopWalangadi, S.Pd, MSi and Advisor II Drs. Haris Mahmud, MSi. The formulation of the problem in this study is whether using a crossword educative media can improve students' critical thinking skills in learning Social Knowledge Science in the fourth grade of SDN 4 Batudaa Gorontalo District? The purpose of this study is to improve students' critical thinking skills through crossword educative media in learning Social Knowledge Science in class IV SDN 4 Batudaa Gorontalo District. The research method used is kelasyang action research carried out in the form of a cycle consisting of four stages, namely: planning, action, observation and evaluation, analysis and reflection. Subjects who were subjected to action were all class IV students totaling 25 people. This study used collection techniques. data through tests, observations, and documentation. The results showed that the learning outcomes and critical thinking skills of students in learning Social Sciences when initial observations showed that of the 25 fourth grade students of SDN 4 Batudaa Gorontalo District, 17 students or 68% had not reached the standard minimal completeness with KKM 75 in learning Social Knowledge Science, but after being given action in cycle 1 increased to 15 people or 60%, and in cycle 2 to 23 people or 92%. Based on the results of these studies, it can be concluded that educational media crossword puzzles can prove to increase ability to think kr itis students in learning Social Knowledge Science in class IV SDN 4 Batudaa Gorontalo District. Keywords: Student's Critical Thinking Ability; Educative Puzzle Educational Media
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011