ESSAY

Writer / NIM
NI NYOMAN SULISTIANI / 151415019
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK Nyoman, Ni Sulistiani. 2019. Analisis Ketersediaan, Kondisi, Dan Penggunaan Media Pembelajaran Bangun Ruang di SD Negeri se-Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd.,M.Si dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd.,M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ..." Bagaimanakah ketersediaan, kondisi, dan penggunaan media pembelajaran bangun ruang di SD Negeri se-Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketersediaan, kondisi, dan penggunaan media pembelajaran bangun ruang di SD Negeri se-Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian ini yakni ketersediaan, kondisi, dan penggunaan media pembelajaran bangun ruang. Sampel penelitian ini adalah guru kelas V dan VI di SD Negeri se-Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo yang berjumlah 26 guru. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket. Berdasarkan uji validitas, diperoleh 39 item pernyataan valid dengan koefisien validitas antara 0,455 hingga 0,77, sedangkan reliabilitas angket yaitu 0,924. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil perhitungan analisis statistik deskriptif 26 responden pada variabel ketersediaan media pembelajaran bangun ruang diperoleh mean skor 8,6 yang berada pada interval 8 X < 12 sehingga termasuk kategori sedang. Hasil perhitungan analisis statistik deskriptif 26 responden pada variabel kondisi media pembelajaran bangun ruang diperoleh mean skor 19,27 yang berada pada interval 14 X < 21 sehingga termasuk kategori sedang. Hasil perhitungan analisis statistik deskriptif 26 responden pada variabel penggunaan media pembelajaran bangun ruang diperoleh mean skor 93,77 yang berada pada interval 84 X sehingga termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ketersediaan dan kondisi media pembelajaran bangun ruang di SD Negeri se-Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo berada dalam kategori sedang, sedangkan penggunaan media pembelajaran bangun ruang di SD Negeri se-Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo berada dalam kategori tinggi. Kata Kunci : Ketersediaan Media Pembelajaran Bangun Ruang, Kondisi Media Pembelajaran Bangun Ruang, Penggunaan Media Pembelajaran Bangun Ruang
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011