ESSAY

Writer / NIM
WAWIN MAHMUD / 151415065
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstract
ABSTRAK Wawin Mahmud. 2019. Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA di SDN 3 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ..."Apakah terdapat hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN 3 Kota Barat Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Untuk melihat hubungan minat belajardengan prestasi belajar, maka digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eks post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan VSDN 3 Kota Barat Kota Gorontalo dengan pengambilan sampel sebanyak 41 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumentasi, angket, dan observasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji Pearson dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil uji hipotesis yaitu nilai thitung = 6,243 dan ttabel = 2,020, maka thitung > ttabel. Artinya, H0 ditolak dan H1 diterima. Uji signifikan korelasi yang dilakukan juga memperoleh hasil dalam kategori kuat dengan nilai sebesar 0,643 dan taraf signifikan 0,000 0,05. Sehingga, dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan signifikan minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPA di SDN 3 Kota Barat Kota Gorontalo. Kata Kunci : Minat Belajar, Prestasi Belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011