ESSAY

Writer / NIM
ORIN ALBENI / 151415084
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Orin Albeni. 2021. Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar melalui Teknik Pembelajaran Presenter di kelas V SDN I Bulango Selatan Kecamatan Bulango Kabupaten Bone Bolango, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ratnarti Pahrun, Pembimbing II Dajani Suleman. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Apakah melalui Teknik Presenter dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa kelas V SDN I Bulango Selatan? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa dengan teknik presenter di kelas V SDN I Bulango selatan Kabupaten Bone Bolango. model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui Tes dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 15 orang. Observasi awal menunjukkan bahwa pada 5 siswa yang mampu membaca dengan presentase 33% sedangkan sisanya 10 orang dengan presentase 67%. Selanjutnya pada siklus I pertemuan pertama ada 3 siswa kategori mampu dengan presentase 20% dan yang tidak mampu ada 12 siswa dengan presentase 80%. Selanjutnya siklus pada siklus I pertemuan kedua ada 5 siswa kategori mampu dengan presentase 33% dan yang tidak mampu ada 10 siswa dengan presentase 67%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan pertama ada 11 siswa kategori mampu dengan presentase 73% dan yang tidak mampu ada 4 siswa dengan presentase 27%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan kedua ada 13 siswa kategori mampu dengan presentase 87% dan yang tidak mampu ada 2 siswa dengan presentase 13% Kata kunci: Membaca Lancar, Teknik Presenter
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011