ESSAY

Writer / NIM
KARMILA PULUHULAWA / 151415090
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstract
ABSTRAK Karmila Puluhulawa.2019. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 25 Limboto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed. Masalah dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana kondisi objektif media pembelajaran Pop-Up Bookmateri Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam di lingkungannya kelas IV di SDN 25 Limboto. 2) Bagaimana Pengembangan MediaPembelajaran Pop-Up Bookmateri keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya kelas IV di SDN 25 Limboto. 3)Apakah MediaPembelajaran Pop-Up Book layakuntuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA materi keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya kelas IVdi SDN 25 Limboto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan menurut Brog and Gall dengan pembatasan sampai pada tahap validasi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 25 Limboto dengan jumlah 15 siswa. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sesuai hasil presentase perolehan skor dari validasi ahli media memberi skor 93, ahli materi memberi skor 82. Dan praktisi memberi skor 91. Sehingga presentase skor yang diperoleh dari ketiga validator sebesar 88,3 kriteria sangat baik dan juga memiliki kualitas sangat baik serta dibuatkan buku panduannya. Kata kunci : pengembangan, Pop-Up Book, Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam Dilingkungannya
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011