ESSAY

Writer / NIM
NUR'AIN YUSUF / 151415166
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
ABSTRAK Nur'ain Yusuf 2019 . Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Sekelurahan Siendeng Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Haris Mahmud, S.Pd. M.Si., Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Sekelurahan Siendeng Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Sekelurahan Siendeng Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Expo Facto. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket. Sampel penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 44 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS SD Sekelurahan Siendeng Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo . Hal ini dibuktikan dari hasil uji regresi yang menunjukkan nilai r = 0,985 lebih besar dari 0,05. Besarnya pengaruh pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa yaitu r =0,985 atau r2 = 97% Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar ABSTRACT Nur'ain Yusuf 2019 . The Influence of the Family Environment on Student Learning Achievement in Social Sciences Class V of Neighborhood Siendeng Elementary School in Hulonthalangi District, Gorontalo City, Department of Primary School Teacher Education, faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dr. Haris Mahmud, S.Pd. M.Sc., Advisor II Muhammad Sarlin, S.Pd. M.Pd. The formulation of the problem in the study is a..."Is there an influence of the family environment on student learning achievement in social studies subject in grade V of Neighborhood Siendeng Elementary School, Hulonthalangi District, Gorontalo City?. This study aims to determine the effect of the family environment on student learning achievement on social studies subjects in grade V of Neighborhood Siendeng Elementary School, Hulonthalangi district, Gorontalo City. The Model used in this study is the Expo Facto model. This study uses data collection techniques through questionnaires. The sample of this study was class V which numbered 44 people. The result showed that 1) there was a significant effect of the influence of the family environment on student learning achievement on social studies subject at SD Neighborhood Siendeng, Hulonthalangi District, Gorontalo City. This is evidenced from the results of the regression test which shows the vaalue of r = 0,985 greater than 0.05. The magnitude of the influence of the family environment on student learning achievement is r = 0,985 or r2 = 97%. Keyword: Family Environment, Learning Achievement
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011