ESSAY

Writer / NIM
YULINAR AMBARWATI MOITO / 151415174
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstract
ABSTRAK Yulinar Ambarwati Moito. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V SDN 3 Tolinggula. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd. Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd.,M.Si. Rumusan masalah penelitian adalah ..."Apakah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita, Subtema 3: Usaha Pelestarian Lingkungan, di kelas V SDN 3 Tolinggula? Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode eksperimen di kelas V SDN 3 Tolinggula pada materi pelajaran IPA Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita. Model penelitian menggunakan pendekatan tindakan kelas metode eksperimen, teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel penelitian sebanyak 9 orang siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Tolinggula. Pada Siklus I, hanya terdapat 4 siswa (44,44%) yang memiliki hasil belajar tinggi, hal ini belum memenuhi indikator kinerja, minimal 80% hasil belajar siswa tinggi. Penelitian dilanjutkan pada siklus II. Hasil siklus II terjadi peningkatan hasil belajar menjadi 8 orang atau 88,78 % dan mencapai indikator kinerja yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita, Subtema 3: Usaha Pelestarian Lingkungan, di kelas V SDN 3 Tolinggula. Kata kunci: Metode Eksperimen, Hasil Belajar IPA
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011