ESSAY

Writer / NIM
NURNANINGSI J. TULIYABU / 151415192
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstract
ABSTRAK Nurnaningsi Tuliyabu . Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Flashcard Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Energi Panas Dan Bunyi Serta Sifat " Sifatnya Di Kelas IV SDN 2 Bongo Batudaa Pantai, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Prof. H. Abdul Haris Panai, M.Pd Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si . Rumusan masalah dalam penelitian adalah ..."Apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Flashcard Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Energi Panas Dan Bunyi Serta Sifat " Sifatnya Di Kelas IV SDN 2 Bongo Batudaa Pantai?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Flashcard Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Energi Panas Dan Bunyi Serta Sifat " Sifatnya Di Kelas IV SDN 2 Bongo Batudaa Pantai. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group prettest-posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 10 orang. Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 62,2 dan nilai rata-rata posttest sebesar 85,3. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,095 < 2,306 pada taraf 0,05. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran time token berbantuan Flashcard terhadap hasil belajar IPA. Kata kunci: Model Belajar Time Token Berbantuan Flashcard, Hasil Belajar IPA
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011