ESSAY

Writer / NIM
IIN INDRIYANI DALI / 151415209
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK IIN INDRIYANI DALI, 2019. Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerpen Melalui Model Cooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dra. Evi Hasim, M.Pd sebagai pembimbing I dan Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing II. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model cooperative integrated reading and composition kemampuan membaca cerpen pada siswa kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat meningkat? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca cerpen melalui model cooperative intergrated reading and composition (cicr) pada siswa kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah siswa yang duduk di kelas V di SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata sebelum diterapkan model Cooperative Intergrated Reading And Composition yaitu 24% dan nilai rata-rata sesudah diterapkan model Cooperative Intergrated Reading And Composition pada siklus I pertemuan 1 yaitu 29%. Kemudian masuk pada siklus I pertemuan 2 47% dan masuk pada siklus II pertemuan 1 yaitu 71% selanjutnya masuk pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan yang sangat signifikan sebanyak 88%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca cerpen melalui model cooperative intergrated reading and composition pada siswa kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo Meningkat. Kata Kunci : Cerpen, Model Cooperative Intergrated Reading And Composition (CIRC)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011