ESSAY

Writer / NIM
RIZALDI HARUN / 151415210
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Rizaldi Harun 2019. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model SQ3R (Survey Question Read Recite Review) Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd Dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model SQ3R (Survey Question Read Recite Reviewi) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 3 Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model SQ3R (Survey Question Read Recite Review) pada siswa kelas IV SDN 3 Bulango selatan, Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pada observasi awal yang mampu membaca pemahaman berjumlah 4 siswa 20%. Setelah dilakukan tindakan siklus I pertemuan pertama dari 20 siswa meningkat menjadi 6 siswa atau 30% dan yang tidak mampu ada 14 atau 70%. Dan pelaksanaan siklus I pertemuan kedua dari 20 siswa meningkat menjadi 10 siswa atau 50% sedangkan yang tidak mampu ada 10 siswa atau 50%. Kemudian pada pelaksanaan siklus II pertemuan pertama dari 20 siswa meningkat menjadi 15 siswa atau 75% dan yang tidak mampu ada 5 siswa atau 25%. Dan pelaksanaan siklus II pertemuan kedua dari 20 siswa meningkat menjadi 17 siswa atau 85% dan yang tidak mampu ada 3 siswa atau 15%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui model SQ3R (Survey Question Read Recite Review) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 3 Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango meningkat. Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Model SQ3R
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011