ESSAY

Writer / NIM
ANDARISTA PUNI / 151416041
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
Puni, Andarista. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kerjasama Peserta Didik Kelas Di Kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, S.Pd., M.Si dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Pd., M.Si. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ..."Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada muatan pelajaran IPA di kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kerjasama peserta didik dalam muatan pelajaran IPA di kelas V SDN 2 Tilango. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experimental designs dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Variabel independen (variabel bebas) yaitu model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan variabel dependen (variabel terikat) yaitu kerjasama. Sampel yang digunakan sebanyak 46 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata hasil observasi kerjasama peserta didik pada kelas eksperimen 82,68 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil observasi kelas kontrol 73,5. Hasil pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji One Way ANOVA diperoleh nilai signifikansi kerjasama adalah 0,003 < 0,05 dan Fhitung > Ftabel yaitu 10,141 > 1.711. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kerjasama peserta didik pada muatan pelajaran IPA di kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Model Two Stay Two Stray, Kerjasama
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011