ESSAY

Writer / NIM
SHINTA GORIANA MASIA / 151416079
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstract
ABSTRAK Shinta Goriana Masia. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Operasi Hitung Pecahan di kelas V Sekolah Dasar Se-Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Asni Ilham, M.Si . Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi awal perangkat pembelajaran operasi hitung pecahan di Sekolah Dasar Se-kabupaten gorontalo ? (2) Bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran berbasis HOTS pada materi `operasi hitung pecahan di Sekolah Dasar se-kabupaten gorontalo?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kondisi awal perangkat pembelajaran operasi hitung pecahan di Sekolah Dasar se-kabupaten gorontalo. (2) Untuk memgembangkan perangkat pembelajaran berbasis HOTS pada materi operasi hitung pecahan di Sekolah Dasar se-kabupaten gorontalo. Penelitian ini tergolong dalam penelitian R&D (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu sekolah di Kabupaten Gorontalo yaitu SDN 11 Limboto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan temuan awal kondisi objektif bahwa belum mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis HOTS, sehingga peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis HOTS berupa RPP, bahan ajar, LKPD, dan evaluasi. Langkah awal yang peneliti lakukan sebelum mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis HOTS adalah peneliti merancang pemetaan kombinasi dimensi pengetahuan proses berfikir. Pemetaan ini berisi penentuan dimensi proses kognitif yang mencakup LOTS (C1-C3) dan HOTS (C4-C6) serta dimensi pengetahuan (Konseptual, Prosedural, Metakognitif). Setelah itu, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan rancangan atau desain pengembangan Sugiyono.Tahap penelitian ini terdiri dari sepuluh tahap namun peneliti membatasi hanya sampai pada lima tahap yaitu (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh 3 validator yakni ahli konten, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil rekapitulasi skor validasi dari 3 validator memperoleh skor keseluruhan 91,09. Sesuai hasil validasi dilakukan revisi yang menghasilkan produk yang masih dalam bentuk konseptual. Berdasarkan produk konseptual hasil penelitian disimpulkan bahwa Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada materi Operasi Hitung Pecahan di kelas V Sekolah Dasar se-kabupaten Gorontalo yang dikembangkan valid serta dilanjutkan ketahap selanjutnya. Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills), Operasi Hitung Pecahan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011