ESSAY

Writer / NIM
NOVA OLIVIA DUKALANG / 151416135
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
ABSTRAK Nova Olivia Dukalang 2021. Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama Melalui Metode Discovery Di Kelas IV SDN 08 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pemibimbing I. Dra Samsiar Rivai S.Pd, M.Pd Pembimbing II. Dra Martianty Nalole M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah apakah pemahaman konsep penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama pada siswa kelas IV SDN 08 Tilamuta Kabupaten Boalemo dapat ditingkatkan melalui metode discovery. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama melalui metode discovery pada siswa kelas IV SDN 08 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK). Hasil penelitian pada pembelajaran pada siklus I, diperoleh data dari 29 siswa kelas IV yang mampu menghitung penjumlahan pecahan sebanyak 16 siswa atau 55%, dengan perolehan nilai 75 keatas dan masih ada 13 siswa atau 44 % yang kurang mampu dengan perolehan nilai dibawah 75. Hasil diperbaiki belum mencapai indikator yang diharapkan yakni 75%. Dan pada pembelajaran siklus II , diperoleh data dari 29 siswa kelas IV yang mampu menghitung penjumlahan pecahan dengan perolehan nilai 75 keatas yakni 23 siswa atau 80% dan 6 siswa atau 20% yang kurang mampu dengan perolehan nilai dibawah 70. Dengan demikian maka disimpulkan bahwa pemahaman konsep penjumlahan berpenyebut tidak sama melalui metode Discovery dikelas IV SDN 08 Tilamuta Kabupaten Boalemo Meningkat. Kata kunci : Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak sama, Discovery
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011