ESSAY

Writer / NIM
MELIANA TAIL / 151417004
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
ABSTRAK Meliana Tail. 2021...."Pengaruh Penerapan Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas IV SDN 3 Botupingge Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango.Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd.,M.Sidan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd.,M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 3 botupingge, kecamatan botupingge, kabupaten bone bolango. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa di Kelas IV SDN 3 Botupingge. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswaSDN 3 Botupingge dengan berjumlah 171 sedangkan pengambilan sampel penelitian dengan teknik purposive sampling berjumlah 23 siswa. Uji normalitas data dengan chi-kuadrat, analisis data menggunakan analisis korelasi, regresi sederhana dan koefisien korelasi. Berdasarkan analisis statistika korelasional diperoleh nilai rxy =0,79dan r2xy = 62,41. Uji signifikan korelasi diperoleh thitung sebesar 22,18. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh ttabel2.080. Ternyata harga thitung lebih besar dari ttabel atau harga thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Artinya bahwa koefisien korelasi sangat berarti. Penelitian yang diperoleh H1 yang berbunyi ..."terdapat pengaruh antara pembelajaran daring (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) di Kelas IV SDN 3 Botupingge Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Artinya terdapat kenaikan pada satu variabel pembelajaran daring (X) dan ikuti oleh variabel motivasi belajarsiswa (Y) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011