ESSAY

Writer / NIM
MEYLAN EKA SUCI LAMUSU / 151417005
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
Meylan Eka Suci Lamusu. 2021. Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar (Studi Kasus Penerapan Materi Globalisasi Pada Mata Pelajaran IPS di Masa Pandemi Covid-19 di SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo). Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Basri Amin S.Sos., M.A., PhD (ABD) dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd. Pandemi Covid-19 muncul sebagai peristiwa yang menyebabkan banyak perubahan pada praktik pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual pada materi globalisasi di masa pandemi Covid-19 di Kelas VI SD. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedang kredibilitas data diperoleh lewat triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring dan luring pada tema globalisasi selama masa pandemi tidak jauh berbeda dengan keadaan sebelumnya. Hasil serupa juga ditemukan pada kerangka materi yang belum berkembang sehingga keglobalitasan belum bersifat kontekstual. Sebagai kesimpulan, guru perlu melakukan refleksi terhadap rancangan pembelajaran selama masa pandemi dengan melihat potensi informasi yang ada sehingga materi dapat dikembangan dan beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang sedang dialami siswa saat ini. Hal penting lainnya yaitu sekolah harus memberikan perhatian lebih pada tema-tema yang diajarkan seperti Globalisasi dikarenakan perkembangannya terjadi secara terus-menerus dan memperngaruhi kehidupan sehari-hari secara langsung. Kata kunci: Pembelajaran kontekstual, Globalisasi, Pandemi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011