ESSAY

Writer / NIM
ISRANDA DILEMBA / 151417020
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Advisor 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstract
ABSTRAK Isranda Dilemba 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Model Syndicate Group Pada Mata Pelajaran IPA Tema 6 Sub Tema 3 Materi Siklus Hidup Hewan di Kelas IV SDN No. 22 Limboto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd., dan pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd, M.Pd Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Metode Diskusi Model Syndicate Group Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tema 6 Materi Siklus Hidup Hewan. Tujuan dari penelitian yaitu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Malalui Metode Diskusi Model Syndicate Group Pada Mata Pelajaran IPA Tema 6 Materi Siklus Hidup Hewan di Kelas IV SDN No. 22 Limboto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus dan masing-masing siklus terdiri 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantaun evaluasi, refleksi dan analisis. Berdasarkan hasil penelitian siklus I menunjukan bahwa siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 6 orang dengan presentase 23,80%. Hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan, sehingga dilakukan tindakan lanjutan kesiklus II. Pada siklus II menunjukan adanya peningkatan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 19 orang dengan presentase 90,47%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Diskusi Model Syndicate Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA tema 6 sub tema 3 materi siklus hidup hewan di kelas IV SDN No. 22 Limboto. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Syndicate Group, IPA
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011