ESSAY

Writer / NIM
SUCI H. MENTEMAS / 151417024
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Suci H. Mentemas, 2021. Penerapan Model Pembelajaran Card Sort Dalam Meeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn di Kelas V SDN 94 Kota Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Candra Cuga, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Nurhayati Tine, S.Pd., M.HI Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana penerapan model pembelajaran card sort dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di kelas V SDN 94 Kota Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk "Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model card sort di kelas V SDN 94 Kota Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 12 siswa. Indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 80% hasil belajar keseluruhan siswa mencapai nilai KKM yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model card sort yang diterapkan di kelas V SDN 94 Kota Utara dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa yang memenuhi standar ketuntasan minimal yaitu sebesar 67%. Kemudian mengalami peningkatan menjadi 92% artinya terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 25%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penelitian ini yaitu dengan model pembelajaran card sort siswa mampu berdiskusi dengan kelompok kecil, mampu mempresentasikan jawaban di depan kelas, menjadi lebih percaya diri, tidak merasa takut atau ragu ketika ingin mengemukakan suatu pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan, serta siswa menjadi lebih memperhatikan materi yang disampaikan dalam kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Card Sort, Hasil Belajar, Pembelajaran PKn.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011