ESSAY

Writer / NIM
SILVIA MOKOAGOW / 151417033
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstract
Mokoagow, Silvia. 2021. Pengaruh Model PembelajaranThink, Talk, Write (TTW) terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IV di SDN 1 Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) berpengaruh pada Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV SDN 1 Suwawa Timur?" Tujuan Penelitian Ini Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IV di SDN 1 Suwawa Timur. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data melalui tes, dokumentasi. Sampel penelitian siswa kelas IV SDN 1 Suwawa Timur yang berjumlah 18 siswa. Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 47 dan nilai rata-rata posttest 81, nilai rata-rata analisis data uji normalitas pretest Lhitung 0.143 dan Ltabel 0.200 Lhitung< Ltabel berdistribusi normal. Sedangkan untuk nilai rata-rata uji normalitas posttest Lhitung = 0.182 dan Ltabel = 0.200 Lhitung< Ltabel berdistribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung = 12,43 sedangkan t tabel = 2,101. Selisih antara Thitung dan Ttabel adalah 10,32. Hal ini menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel maka berdistribusi normal. Disimpulkan H0 ditolak, H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IV di SDN 1 Suwawa Timur. Kata kunci : Think Talk Write (TTW), Menulis Puisi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011