ESSAY

Writer / NIM
LISTA AMIFTA UMAR / 151417039
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Lista Amifta Umar. 2021. Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Matematika Di SD Se-Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, M,Si Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd., M.Pd. Masalah dalam penelitian Bagaimanakah Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Matematika Di SD Se-Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Matematika Di SD Se-Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Desain penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui Wawancara dan Lembar Kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran matematika terdiri dari 5 indikator diantaranya (1) Guru sebagai Pembimbing dengan nilai presentase 95,33 % dengan kriteria sangat baik; (2) Guru sebagai Pengelola Kelas dengan nilai presentase 90% dengan kriteria baik; (3) Guru sebagai Mediator dengan nilai presentase 90,2% dengan kriteria baik; (4) Guru sebagai Evaluator dengan nilai presentase 97,8% dengan kriteria sangat baik; (5) Guru sebagai Motivator dengan nilai presentase 97,8% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa guru telah berperan sangat baik dalam mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran matematika Dengan memperoleh nilai rata-rata 94,22% dengan kriteria sangat baik. Kata kunci: Peran Guru, kesulitan belajar,Matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011