ESSAY

Writer / NIM
SRI OKTAVIANI YUSUP / 151417044
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Yusup Sri Oktaviani, 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Melalui Model Accelerated Learning Tipe Master Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 7 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model Accelerated Learning Tipe Master dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 7 Biluhu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya melalui model Accelerated Learning Tipe Master pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 7 Biluhu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 7 Biluhu yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu jika guru menggunakan model Accelerated Learning tipe master maka hasil belajar siswa meningkat. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa belum sesuai dengan indikator pencapaian minimal yaitu 80% siswa tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria indikator pencapaian dengan persentase 87% siswa tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Accelerated Leraning Tipe Master pada pembelajaran IPA materi gaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 7 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Accelerated Learning, Tipe Master
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011