Writer / NIM
ALFANGKI DWIPUTRA KASIM / 151417069
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstract
ABSTRAK
Alfangki Dwiputra Kasim. 2022. Meningkatkan meningkatkan kemampuan menulis karangan melalui metode critical incident siswa kelas V SDN 94 Kota Utara Kota Gorontalo.Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Evi Hasim, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Yusuf Djafar, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui metode Critical Incident kemampuan siswa kelas V SDN 94 kota utara dalam menulis karangan dapat ditingkatkan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan meningkatkan kemampuan menulis karangan melalui metode critical incident siswa kelas V SDN 94 Kota Utara Kota, subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No. 94 Kota Utara Kota Gorontalo yang terdiri dari 23, siswa laki-laki sebanyak 13 siswa sedangkan siswa perempuan terdiri dari 10 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan setelah diadakan tindakan melalui penggunaan metode critical incident. Hasil Observasi awal menunjukkan bahwa terdapat 5 siswa (20%) yang memiliki rata-rata tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks dengan baik baik. Adapun indicator penilaian yang digunakan oleh peneliti yaitu, Kesesuaian isi Tulisan dengan Bacaan cerita dengan pengalaman pribadi. (2) Keruntutan isi cerita (3) Ketepatan Pemilihan Kosa kata yang sesuai dan ejaan. Pada pelaksanaan siklus I mengalami peningkatan yang cukup siginifikan yaitu menjadi 13 siswa (56.52%). Selanjutnya pada siklus II persentase hasil capaian mengalami peningkatan yaitu menjadi 85% ke atas yang ada di SDN 94 Kota Utara Kota Gorontalo telah mampu menulis teks cerita dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks cerita dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Critical Incident.
Kata Kunci : Menulis Karangan, Metode Critical Incident
Download files