ESSAY

Writer / NIM
NADIA S. TANTU / 151417082
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
Nadia S. Tantu. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberd Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Sudut Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Pembimbing I Dra Martianty Nalole, M.Pd, pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Jurusan pendidkan guru sekolah dasar, Universitas Negeri Gorontalo. Masalah penelitian ini apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberd Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Sudut Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberd Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Sudut Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Desain penelitian one group prettest-posttest desingn. Peneltian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 24 orang. Hasil peneltian menunjukan bahwa pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberd Heads Together (NHT) berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar Matematika, Hasil ini dapat ditinjau dari nilai rata-rata pretest dalam pembelajaran adalah 51,5 dan setelah dilakukan pembelajaran dengan nilai rata-rata posttest menjadi 80 Hal ini diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji-t posttest pada taraf a = 0,05 didapat t hitung 17,158 dengan t tabel adalah 1,713 atau (thitung 17,158 ≠ttabel 1,713) Hal ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberd Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pengukuran Sudut pada kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Kata kunci : Hasil Belajar, Numberd Heads Together (NHT)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011