ESSAY

Writer / NIM
HESTRIWITA H. UMAR / 151417085
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
Hestriwita H. Umar. 2021. Pengembangan Media Lingkaran Warna untuk Pembelajaran FPB dan KPK pada Kelas IV Sekolah Dasar Se-Kota Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, M.Si dan Pembimbing II Drs. Ismail Pioke, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana kondisi awal media pembelajaran pada materi FPB dan KPK di SD Se-Kota Utara? (2) Bagaimana pengembangan media pembelajaran Lingkaran Warna pada mata pelajaran Matematika Materi FPB dan KPK Kelas IV di SD Se-Kota Utara? (3) Apakah media Lingkaran Warna FPB dan KPK layak digunakan di Kelas IV Sekolah Dasar? Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kondisi awal media pembelajaran pada materi FPB dan KPK Kelas IV di SD Se-Kota Utara (2) Mengembangkan produk berupa Media Lingkaran Warna pada mata pelajaran Matematika Materi FPB dan KPK Kelas IV di SD Se-Kota Utara (3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Lingkaran Warna FPB dan KPK untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian R&D (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu sekolah yang berada di Kota Gorontalo yaitu SDN 94 Kota Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan temuan kondisi awal media pembelajaran matematika pada materi FPB dan KPK Kelas IV di SDN 94 Kota Utara, pembelajaran matematika di kelas IV sebelum pandemi covid 19, lebih sering menggunakan media yang ada di sekitar, sedangkan pada masa pandemi sekarang ini hanya menggunakan media berupa video pembelajaran, yang menurut wali kelas IV hal tersebut kurang efektif bagi siswa. Hasil Penelitian ini hanya sampai pada tahap kelima yaitu revisi desain. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, produk memperoleh presentase kelayakan sebesar 97,22%, dan ahli media memperoleh skor sebesar 93,75%. Hasil rekapitulasi skor validasi dari 2 validator memperoleh skor keseluruhan 95,48%. Berdasarkan hasil akhir validasi yang dilakukan pada penelitian tersebut, disimpulkan bahwa Media pembelajaran Lingkaran Warna pada materi FPB dan KPK di Kelas IV Sekolah Dasar Se-Kota Utara yang dikembangkan sangat layak serta dapat dilanjutkan ketahap selanjutnya. Kata kunci : Media Pembelajaran, Lingkaran Warna, FPB dan KPK
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011