ESSAY

Writer / NIM
NUR NISFA MUTIA MAHMUD / 151417090
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Advisor 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Nur Nisfa Mutia Mahmud 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air Melalui Model Mind Mapping di Kelas V SDN 94 Kota Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Irvin NovitaArifin, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah"Apakah melalui model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V SDN 94 Kota Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk"Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air melalui model Mind Mapping di kelas V SDN 94 Kota Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 16 siswa. Indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minamal 80% hasil belajar keseluruhan siswa mencapai nilai KKM yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Mind Mapping yang diterapkan di kelas V SDN 94 Kota Utara dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa yang memenuhi standar ketuntasan minimal yaitu sebesar 43,75%. Kemudian mengalami peningkatan menjadi 87.5% artinya terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 43,75%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penelitian ini yaitu dengan model pembelajaran Mind Mapping siswa mampu membuat peta pikiran dengan cara mencatat materi pelajaran yang kreatif, efektif, dan bisa memetakan ide-ide juga sangat sederhana serta siswa menjadi lebih memperhatikan materi yang disampaikan dalam kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Mind Mapping
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011