ESSAY

Writer / NIM
MIRANDA ABDULLATIF BAKARI / 151417093
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Advisor 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstract
Miranda Abdullatif Bakari. 2022.Pengaruh Penerapan Model Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya Dan Pengaruhnya Di Kelas IV SDN 03 Tilongkabila. Skripsi. JurusanPendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan apakah terdapat Pengaruh Penerapan Model Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya Dan Pengaruhnya Di Kelas Kelas IV SDN 03 Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian nonequivalent group design. Peneltian ini menggunakan teknik pengum`pulan data melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B sebanyak 39 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 0,05 dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima karena nilai signifikan kurang dari 0,05. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa dikelas IV SDN 03 Tilongkabila. Kata Kunci : CLIS , Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011