ESSAY

Writer / NIM
ADE TASRIANI ENTO / 151417094
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Ade Tasriani Ento. NIM. 151 417 094. Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas II SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Asni Ilham, S.Pd., M.Si dan Pembimbing II. Ismail Pioke, S.Pd., M.Pd Permasalahan dalam penelitian adalah apakah melalui pendekatan kontekstual pemahaman konsep perkalian bilangan cacah pada siswa kelas II SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo akan meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas II SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap obervasi dan evaluasi dan tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian siklus I yaitu sebanyak 14 siswa atau 63,64% yang memperoleh nilai 75 ke atas dan dianggap sudah paham dan sebanyak 8 siswa atau 36,36% yang memperoleh nilai di bawah KKM 75 ke atas dan dinyatakan tidak paham, nilai rata-rata kelas sebesar 69,54%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu sebanyak 18 siswa atau 81,8% yang memperoleh nilai 75 ke atas dan dianggap sudah paham dan sebanyak 4 siswa atau 18,2% yang memperoleh nilai di bawah KKM 75 ke atas dan dinyatakan tidak paham, nilai rata-rata kelas sebesar 79,55%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah melalui pendekatan kontekstual pada siswa Kelas II SDN 7 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah : Pendekatan Kontekstual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011