ESSAY

Writer / NIM
YUSTIKA DJAFAR / 151417102
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Advisor 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstract
ABSTRAK Yustika Djafar.2021. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Nonfiksi Melalui Model Mind Mapping Di Kelas V SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Dra. Evi Hasim, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah melalui model pembelajaran Mind Mapping, kemampuan menulis teks nonfiksi pada siswa kelas V di SDN 6 Bulango Utara dapat meningkat?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis teks nonfiksi melalui model pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas V di SDN 6 Bulango Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Pada hasil observasi awal dari 15 siswa, yang mampu dalam menulis teks nonfiksi sebanyak 3 siswa atau 20%. Pada siklus I pertemuan 1 mengalami peningkatan menjadi 6 siswa atau 40%. Pada siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan menjadi 9 siswa atau 60%. Pada siklus II pertemuan 1 mengalami peningkatan menjadi 13 siswa atau 86,66%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis teks nonfiksi di kelas V SDN 6 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci : Teks Nonfiksi, Model Mind Mapping.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011