ESSAY

Writer / NIM
ARIYANTO MOKODOMPIT / 151417116
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstract
ABSTRAK Ariyanto Mokodompit. 2021. Kendala yang dihadapi guru kelas III dalam Pembelajaran daring di sekolah dasar negeri (SDN)) 75 kota tengah kota gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja masalah yang dihadapi guru kelas III di SDN 75 Kota Tengah Kota Gorontalo dalam pelaksanaan pembelajaran Daring; serta (2) Upaya apa saja yang dilakukan oleh guru kelas III untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran daring. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apa saja masalah yang dihadapi guru kelas III di SDN 75 Kota Tengah Kota Gorontalo dalam pelaksanaan pembelajaran daring; serta (2) Mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh guru kelas III untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian guru kelas III SDN 75 kota tengah kota gorontalo. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran daring di SDN 75 kota tengah kota gorontalo dalam pelaksanaannya guru kelas III masih mengalami masalah (1) masalah yang dihadapi guru kelas III yaitu pertama siswa kesulitan memahami materi pembelajaran (khususnya pelajaran matematika) kedua tidak semua siswa kelas III mempunyai fasilitas, ( dari 22 jumlah siswa, 10 orang siswa yang aktif mengikuti pembelajaran daring) ketiga orang tua sibuk dengan pekerjaannya sehingga anak tidak mendapat pendampingan pada saat mengikuti pembelajaran daring. keempat kendala gangguan jaringan (akses kecepatan internet belum sesuai kebutuhan); (2) Upaya guru kelas III untuk mengatasi masalah yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SDN 75 kota tengah kota gorontalo. Pertama guru membekali siswa dengan buku tema untuk meningkatkan pemahaman siswa kedua guru menerapkan pembelajaran luar jaringan (Luring) pada siswa yang tidak mempunyai fasilitas. ketiga guru menyampaikan kepada orang tua siswa untuk memotivasi siswa agar lebih rajin belajar dan meminta orang tua untuk memperhatikan anak selama berada di rumah. keempat guru melihat situasi dan kondisi, apabila ganguan jaringan berlangsung lama maka guru melanjutkan pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Kendala Guru.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011