ESSAY

Writer / NIM
WILANA I MOHAMAD / 151417117
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Wilana I. Mohamad. 2021. Deskripsi pembelajaran daring yang digunakan guru pada pembelajaran matematika di kelas rendah sekecamatan kota tengah di masa pandemi covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai , S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana deskripsi pembelajaran daring yang digunakan guru pada pembelajaran matematika di kelas rendah sekecamatan kota tengah dimasa pandemi covid-19. Adapun tujuan penelitian untuk untuk mendeskripsikan pembelajaran daring yang digunakan guru pada pembelajaran matematika dikelas rendah sekecamatan kota tengah dimasa pandemi covid-19. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif deskripsi. Subjek penelitian yaitu guru kelas rendah Sekecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo sebanyak 30 guru. Hasil penelitan menunjukkan pembelajaran daring pada pembelajaran matematika di kelas rendah Sekecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo Ditinjau dari capaian tujuh indikator terhadap pembelajaran daring, indikator pertama personal siswa mengikuti model pembelajaran memperoleh skor = 74, indikator kedua penggunaan sistem pada model pembelajaran memperoleh skor = 65, indikator ketiga kenyamanan siswa belajar = 72, indikator keempat perilaku siswa belajar = 64, indikator kelima interaksi siswa dengan guru dalam pembelajaran = 73, indikator keenam kecepatan umpan balik siswa dalam menerima materi yang diajarkan = 63, dan indikator ketujuh kemudahan guru mengontrol aktivitas siswa = 67 sehingga pembelajaran daring yang digunakan guru diperoleh nilai rata-rata = 67 %. Ditinjau dari capaian indikator di sepuluh SD yang menjadi lokasi penelitian, di SDN 71 Kota Tengah memperoleh persentase = 55 %, SDN 72 Kota Tengah = 89 %, SDN 73 Kota Tengah = 75 %, SDN 74 Kota Tengah = 55%, SDN 75 Kota Tengah = 82 %, SDN 76 Kota Tengah = 78 %, SDN 77 Kota Tengah = 70 %, SDN 78 Kota Tengah = 56 %, SDN 79 Kota Tengah = 71 % dan SDN 80 Kota Tengah = 68 % sehingga capaian indikator di sepuluh sekolah yang menjadi lokasi penelitian diperoleh nilai rata-rata = 70 %. Simpulan bahwa capaian indikator diperoleh nilai rata-rata = 67 % dan capaian indikator di sekolah diperoleh nilai rata-rata = 70 % Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011