ESSAY

Writer / NIM
AINUN TINGULI / 151417122
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
AinunTinguli. 2022. Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 87 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 87 Sipatana KotaGorontalo. Adapun tujuan penelitian untuk Mengetahui Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 87 Sipatana Kota Gorontalo. Penelitian yang di gunakan yaitu penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 87 Sipatana Kota Gorontalo sebanyak 17 siswa. Berdasarkan penelitian dan hasil analisis data mengenai motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada pembelajaran IPS di Kelas V di SDN 87Sipatana Kota Gorontalo di peroleh nilai rata-rata skor motivasi belajar siswa sebesar 80,05%. Nilai ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada pembelajaran IPS masuk dalam kategori tinggi. Motivasi belajar siswa di pengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. indikator faktor intrinsik yaitu 1) tekun dalam menghadapi tugas; siswa selalu menyelesaikan tugas tepat waktu. Setiap ada tugas baru dari guru siswa langsung mengerjakannya. 2) ulet dalam menghadapi kesulitan; ketika siswa menemukan soal yang sulit, siswa akan berusaha mengerjakannya. Bila ada materi yang belum di pahami siswa akan bertanya pada guru lewat telepon/WA. 3) senang bekerja mandiri; dalam mengerjakan tugas siswa menyelesaikan dengan kemampuannya sendiri. 4) senang mencari dan memecahkan masalah: siswa senang mengerjakan soal-soal baru dalam buku. Dalam keadaan tidak bertatap muka langsung dengan guru membuat siswa mencari sumber belajar lain dari internet, buku, atau menonton video animasi pembelajaran di youtube. Indikator faktor ekstrinsik yaitu 1) adanya harapan dan penghargaan; siswa termotivasi untuk belajar karena ingin mendapatkan nilai yang lebih baik dari teman-temannya. Mencapai prestasi belajar yang tinggi untuk bisa membuat orang tua dan guru bangga dengan prestasi mereka. 2) adanya kegiatan yang menarik dalam pembelajaran: Faktor lainnya karena guru mengajar menggunakan video pembelajaran yang membuat siswa senang. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011