ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD ADRIANTO HADJARATI / 151417140
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
Mohamad Adrianto Hadjarati. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Self-Directed Learning (SDL) pada Muatan Pelajaran IPA Tema 6 Subtema 1 Kelas V SDN 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, M.Pd. dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah model pembelajaran Self Directed Learning (SDL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada muatan IPA Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SDN 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango?. Dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA tema 6 subtema 1 di Kelas V SDN 1 Bulango Utara melalui model pembelajaran Self Directed Learning (SDL) yang berjumlah 10 siswa. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 90% hasil belajar siswa mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) pada siswa kelas V SDN 1 Bulango Utara dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu berupa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL). Pada siklus I mengalami peningkatan 50%. hasil belajar siswa mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 90%. yang artinya pada siklus II meningkat 40%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) dapat meningkatkan hasil belajar pada muatan IPA di kelas V SDN 1 Bulango Utara. Kata Kunci: Model Pembelajaran, SDL, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011