ESSAY

Writer / NIM
NURAINUN T. USMAN / 151417147
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
Nurainun T. Usman. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 7 Materi Gaya di Kelas IV SDN 16 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA Tema 7 materi gaya di kelas IV SDN 16 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo?Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Discovery Learning pada muatan pelajaran IPA Tema 7 materi gaya di kelas IV SDN 16 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai KKM pada muatan pelajaran IPA sebanyak 14 orang siswa dengan presentase 51%. Sedangkan pada siklus II telah mengalami peningkatan sebanyak 23 orang siswa dengan presentase 85%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 16 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning, IPA
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011