ESSAY

Writer / NIM
TRI VELINDA BOUTI / 151417170
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstract
Tri Velinda Bouti. 2022. Pengaruh penggunaan media mistar bilangan terhadap pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SDN 4 BONERAYA. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd,M.Pd Pembimbing II Dr.Asni Ilham, M.Si Jurusan Pendidikan Guru SekolahDasar, Universitas Negeri Gorontalo. Masalah penilitian ini apakah terdapat pengaruh penggunaan media mistar bilangan terhadap pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SDN 4 BONERAYA?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan " pengaruh penggunaan media mistar bilangan terhadap pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 4 BONERAYA Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest dalam pembelajaran adalah 49.8 dan setelah dilakukan pembelajaran dengan nilai rata-rata posttest adalah 77.33. Hal ini diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji-t di peroleh dari hasil posttest dan di signifikan = 0,05 dan db = n-1didapat thitung 11.91 dengan ttabel adalah 2,14 atau ( thitung 11.91ttabel 2,14 ), maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media mistar bilangan pada pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Kata Kunci : Media Mistar Bilangan, Pemahaman Konsep, Penjumlahan dan Pengurangan.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011