ESSAY

Writer / NIM
INDA DESIANI TANGIO / 151417178
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Inda Desiani Tangio. 2021. Pengaruh Media Interaktif Berbasis Animasi Terhadap Kemampuan Menerapkan Rumus Luas Segitiga Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Rumusan penelitian ini adalah Apakah Terdapat Pengaruh Media Interaktif Berbasis Animasi Terhadap Kemampuan Menerapkan Rumus Luas Segitiga Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Media Interaktif Berbasis Animasi Terhadap Kemampuan Menerapkan Rumus Luas Segitiga Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Limboto Kabupaten Gorontalo. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan design Pre-Experimental. One-Group Pretest-Posstest. Penilitian dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yang artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 03 Limboto Kabupaten Gorontalo sebanyak 15 siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian mengatakan bahwa nilai sebelum menggunakan media interaktif berbasis animasi nilai 781 dengan rata-rata 52,06 dan sesudah menggunakan nilai 1214 dengan rata-rata 80,93 hipotesis yang dilakukan dengan menghitung uji-t. Uji-t menunjukan harga t_hitung sebesar 5,25 dan harga t_(tabel ) sebesar 2,14 untuk taraf kesalahan ƒƒ‚‚ƒƒ‚ = 0,05% dan df (n-1). Ternyata harga t_hitung lebih besar dari t_(tabel ) (5,25 > 2,14), sehingga H_O ditolak dan H_a diterima. Maka disimpulkan terdapat pengaruh media interaktif berbasis animasi terhadap kemampuan menerapkan rumus luas segitiga pada siswa kelas IV SDN 03 Limboto. Kata Kunci : Media Interaktif Berbasis Animasi, kemampuan menerapkan, luas segitiga
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011