ESSAY

Writer / NIM
NOVITA DUNGGI / 151417185
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Novita Dunggi. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Limboto Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo Masalah penilitian ini apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 03 Limboto Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 03 Limboto Kabupaten Gorontalo Desain yang digunakan dalam penelitian adalah One-Group Pretest-Posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest dalam pembelajaran adalah 48,0 dan setelah dilakukan pembelajaran dengan nilai rata-rata posttest adalah 81,3. Hal ini diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji-t posttest pada signifikan �± = 0,05 dan db = n-1didapat thitung 4,21 dengan ttabel adalah 2,14 atau ( thitung 4,21 ttabel 2,14 ). Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model make a match terhadap hasil belajar bilangan romawi kelas IV SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo Kata kunci : Make A Match, Hasil Belajar, Bilangan Romawi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011