ESSAY

Writer / NIM
MOH. YUSNADI R. PULUHULAWA / 151417204
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Advisor 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstract
ABSTRAK Moh. Yusnadi R. Puluhulawa. 2021. Deskripsi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Memotivasi Kinerja Guru di SD Laboratorium UNG.Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed, Pembimbing II : Dr. Asni Ilham, M.Si Rumusan Masalah dalam penelitian adalah (1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD Laboratorium UNG. (2) Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kinerja guru. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD laboratorium UNG (2) untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam memotivasi kinerja guru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian kepala sekolah SD Laboratorium UNG. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di SD Laboratorium UNG lebih mengarah ke Kepemimpinan Demokratis dan karismatik. Demokratis, karena kepala sekolah tidak memaksakan kehendak, selalu mendengarkan kritik dan saran dari para guru dan warga sekolah lainnya. Karismatik, Kepala Sekolah menunjukan sifat berwibawa yang dimana ia tidak menujukkan bahwa ia adalah seorang penguasa ia tetap berbawur dengan para guru dan warga sekolah lainnya. Akan tetapi dengan hal tersebut tidak mengurangi kewibawaan seorang kepala sekolah. Dan peran kepala sekolah dalam memotivasi kinerja guru yaitu dengan pengadaan workshop-workshop tentang pembuatan RPP, serta pembelajaran yang menarik. Dan upaya lainnya dengan memberikan penghargaan (Reward) teradap guru yang berprestasi dan berkinerja baik. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kinerja Guru ABSTRACT Puluhulawa, Moh. Yusnadi R. 2021. Principal Leadership Styles in Motivating Teacher Performance in UNG Laboratory Elementary School. Undergraduate Thesis. Study Program of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Isnanto, S.Pd., M.Ed. Co-supervisor: Dr. Asni Ilham, M.Si. Generating from the problem statement, this qualitative research explored principal leadership styles and roles in motivating teacher performance. The subject involved was the principal of UNG Laboratory Elementary School. The results indicated that the principal's leadership styles were democratic and charismatic. In terms of the democratic style, the principal did not impose his/her will and was open to criticism and suggestion from teachers and other school members. The principal also had a charismatic style, in which s/he was an authoritative person, yet always mingled with teachers and school members. In addition, the principal roles in motivating teacher performance included conducting workshops on lesson plan preparation and attractive learning process and giving rewards to high-performing teachers. Keywords: Principal Leadership, Teacher Performance Motivation
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011