ESSAY

Writer / NIM
ARLINCE. L. MIRINO / 151417219
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
Arlince L Mirino. 2022. Meningkatkan Kemampuan Menari Tarian Daerah Melalui Metode Latihan Di Kelas IV SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan Metode Latihan Kemampuan Menari Tarian pada Siswa Kelas IV SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo Meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menari tarian daerah menggunakan metode latihan di Kelas IV SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian dalam penelitian ini yaitu melalui persiapan/perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa memperagakan tari daerah di kelas IV SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian guru dari aspek hasil Kemampuan siswa memperagakan tari daerah yakni tari tema Papua dan pada siklus I dan siklus II ini, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode latihan kemampuan siswa memperagakan seni tari meningkat. Hal ini terlihat pada siklus I, bahwa jumlah hasil Kemampuan siswa memperagakan yaitu sebesar 50 % atau 10 orang siswa dari 20 siswa secara keseluruhan. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran kembali pada siklus II, jumlah hasil kemampuan siswa memperagakan meningkat menjadi 85 %. Jadi diketahui bahwa peningkatan penelitian dari siklus I ke siklus II mencapai 35 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan menari Tarian Daerah Melalui Metode Latihan Pada Siswa kelas IV SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo Meningkat. Kata Kunci: Kemampuan Menari daerah Siswa, Metode Latihan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011