Writer / NIM
SEPTINUS YESNATH / 151417223
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
Septinus Yesnath. 2022. Peran Guru Dalam Mengintegrasikan Literasi Dasar Baca Tulis Di SD Laboratorium UNG Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Candra Cuga, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana Peran Guru Dalam Mengintegrasikan Literasi Dasar Di SD Laboratorium UNG?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengintegrasikan literasi dasar disekolah. Jenis penelitian yang peneliti pakai adalah penelitian kualitatif deskriptif. Desain yang di pakai dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa Mengintegrasikan Literasi Dasar Baca Tulis di SD Laboratorium UNG berbasis sekolah dan kelas berjalan efektif. Pertama, literasi dasar baca tulis berbasis sekolah dalam penerapannya berupa program Gerakan literasi berbasis brand sekolah yaitu bilingual, religius dan ICT (BRI) yang memadukan antara Bahasa inggris, arab dan Bahasa Gorontalo sebagai program sekolah agar siswa dapat menguasai beberapa Bahasa. Kedua, literasi dasar baca tulis berbasis kelas dilakukan melalui penerapan pembelajaran tematik sudah berjalan dengan baik, dilihat dari aspek perangkat pembelajaran seperti RPP dan silabus pembelajaran yang dikaitkan dengan nilai-nilai literasi dasar baca tulis dan terdapat pula PPK (penguatan pendidikan karakter) yang tercantum dalam perangkat pembelajaran. Program literasi di sekolah yang paling menonjol yaitu literasi baca tulis, literasi ekstrakulikuler dan literasi budaya dan kewargaan sebagai upaya mengembangkan minat bakat peserta didik. Guru dalam proses pembelajaran menggunakan metode yang disesuaikan dengan materi pembelajaran berbasis literasi baca tulis. Hal ini dilakukan untuk membentuk sikap positif dalam melakukan literasi baca tulis sehingga dapat menjadi pembiasaan yang baik bagi peserta didik.
Kata kunci : Literasi dasar, Baca tulis, Efektif.
Download files