ESSAY

Writer / NIM
DASYA DAUD / 151418001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstract
Dasya Daud. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas V Di SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Hakop Walangadi, S.Pd., M.Si Pembimbing 2 Drs. Haris Mahmud, M.Si Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Rumusan masalah pada penelitan ini adalah "Apakah melalui pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri 8 Telaga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas V di SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersiklus melalui empat tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi, serta tahap analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas V yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari laki-laki 12 orang dan perempuan 17 orang. Hasil yang diperoleh dari siklus I ditemukan 17 siswa yang tuntas dengan presentase 59% dan yang tidak tuntas 12 siswa dengan presentase 41%. Maka pada tahap siklus I masih perlu dilakukan refleksi sehingga bisa meningkatkan hasil belajar IPS. Kemudian, hasil yang diperoleh pada siklus II terdapat peningkatan dimana 25 siswa yang tuntas dengan presentase 86% dan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa dengan presentase 14%. Sebagaimana indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu, minimal 80% siswa memiliki hasil belajar yang tinggi. Melihat hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui pendekatan keterampilan proses. Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Proses
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011