ESSAY

Writer / NIM
FIDIYAWATY SUPU / 151418002
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
Fidiyawaty Supu. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kuartet Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 3 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, M.Si. Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan media kartu kuartet berpengaruh terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 3 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kuartet terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPS kelas IV di SDN 3 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian ini adalah Pre-exsperimental Designs One-Grup Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kuartet cocok diterapkan dalam menentukan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Dapat dilihat pada rata-rata dimana hasil posttest lebih tinggi yaitu 63,9 dari pada prettest 46,2. Pengaruh media pembelajaran kartu kuartet diketahui pula berdasarkan perhitungan uji t. Perbandingan hasil kemampuan pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai t hitung = 18,031 > t tabel = 2,093. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media kartu kuartet terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 3 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci: Media Kartu Kuartet, Hasil Belajar, IPS
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011