ESSAY

Writer / NIM
SRI AYU B. ANGIO / 151418006
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
ABSTRAK Sri Ayu B. Angio. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Menggunakan Model Talking Stick Di Kelas IV SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si., dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah menggunakan model talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan model talking stick di kelas IV SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 19 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama yang tuntas sebanyak 9 orang dengan prosentase 47,37%. Siklus I pertemuan kedua yang tuntas sebanyak 11 orang dengan prosentase 57,9%. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama yang tuntas sebanyak 13 orang dengan prosentase 68,42%. Siklus II pertemuan kedua yang tuntas sebanyak 16 orang dengan prosentase 84,21%. Hasil pada siklus II pertemuan kedua sudah mencapai indikator kinerja yang sudah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan menggunakan model talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Talking Stick, IPS
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011