ESSAY

Writer / NIM
RIFALDO LATANDO / 151418007
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
Rifaldo Latando. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN 17 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads together Berbantuan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 17 Dungingi? Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads together Berbantuan Media Audio Visual pada pembelajaran IPS kelas V SDN 17 Dungingi. Subyek penelitian merupakan siswa kelas V SDN 17 Dungingi Kota Gorontalo yang berjumlah 31 orang, terdiri dari 15 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada siklus I hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 23 siswa dengan presentase 74%, dan pada siklus II meningkat menjadi 27 siswa dengan presentase 87%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN 17 Dungingi dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: Hasil Belajar, Numbered Heads Together, IPS
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011