Writer / NIM
DITANTI HUSAIN / 151418008
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Advisor 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstract
Ditanti Husain. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Tema 8 Subtema 3 Di Kelas IV SDN 03 Dengilo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Irvin Novita Arifin S.Pd,.M.Pd dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif S.Pd,.M.Pd
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada siswa muatan pelajaran IPA Kelas IV SDN 03 Dengilo dan Bagaimana penerapan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA Kelas IV SDN 03 Dengilo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes, dan Dokumentasi dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 03 Dengilo.
Hasil penelitian siklus I dari 24 siswa dengan 11 siswa atau 45% yang dapat mencapai KKM sedangkan 13 atau 54% siswa belum mencapai KKM. Selanjutnya pada tindakan siklus II juga mengalami penigkatan dengan 21 siswa atau 87% dapat mencapai KKM, sedangkan 3 atau 12% siswa belum mencapai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan memecahkan masalah siswa pada muatan pelajaran IPA Tema di Kelas IV SDN 03 Dengilo.
Kata Kunci : Model Two Stay Two Stray, Hasil Belajar IPA
Download files