ESSAY

Writer / NIM
SITTI RAINITA PAPUTUNGAN / 151418012
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Advisor 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstract
Abstrak Paputungan, Sitti Rainita 2022. Pengaruh penggunaan media diorama melalui model talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Telaga. skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. dan pembimbing I Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media diorama siklus air melalui model talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Telaga?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama siklus air melalui model talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Telaga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Telaga yang berjumlah 26 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan uji normalitas dan dari uji tersebut data berdistribusi normal, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis statistik dengan menggunakan uji-t adalah thitung 2,907 lebih besar dari ttabel 1,675, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media diorama siklus air melalui modeli talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Telaga. Kata Kunci : Media Diorama, Talking Stick, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011