ESSAY

Writer / NIM
SRI HANDAYANI / 151418015
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Advisor 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Abstract
ABSTRAK Sri Handayani, 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran abad 21 berbasis pendidikan karakter, mengetahui kelayakan dan proses penggunaan perangkat pembelajaran di kelas V sekolah dasar Kota Gorontalo yang diharapkan mampu menyiapkan peserta didik yang good and smart citizen di masa depan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian pengembangan Thiagarajan yaitu define, design, development, dan dessimination, namun penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap development. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran abad 21 sehingga dipercaya mampu meningkatkan keterampilan-keterampilan peserta didik yang dibutuhkan di abad 21. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dan pengguna yakni, memperoleh hasil rekapitulasi nilai rata-rata persentase 98,10% dan dinyatakan sangat layak digunakan oleh guru dan peserta didik di sekolah dasar. Adapun hasil uji coba terbatas (uji proses) yang dilaksanakan di kelas V SD Laboratorium UNG memperoleh hasil sangat bagus dari guru maupun peserta didik. Dengan demikian, hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendidikan karakter di sekolah dasar dinyatakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran tema 6 subtema 1 pembelajaran 3 kelas V yang dipercaya mampu menumbuhkembangkan peserta didik yang mampu berpikir kritis, kreatif, dan berkolaborasi sehingga bermuara pada good and smart citizen. Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Pendidikan Karakter, Good and Smart Citizen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011