ESSAY

Writer / NIM
WIDDY MURNI YANTARI / 151418017
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd., MCE / 0006038004
Advisor 2 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Abstract
Widdy Murni Yantari, 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis HOTS dan TPACK Di Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dr. Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Candra Cuga, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain perangkat pembelajaran (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Ajar dan Evaluasi Pembelajaran) abad 21 melalui pendekatan saintifik berbasis HOTS dan TPACK di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian pengembangan Saputro yang mengadop modifikasi dari Borg and Gall dan Sugiono yakni studi pendahuluan, pengembangan/perancangan model, dan pengujian. Adapun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap perancangan Model. Hasil penelitian desain perangkat berdasarkan validasi para ahli dan pengguna menunujukkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki kriteria yang sangat layak dengan perolehan skor RPP 96%, bahan ajar 95%, dan evaluasi 95%. Dengan demikian, perangkat pembelajaran termasuk dalam kriteria sangat layak, dapat digunakan dalam pembelajaran serta dipercaya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran karena mampu meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermanfaat. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Abad 21, Saintifik, HOTS, TPACK
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011