ESSAY

Writer / NIM
DHEA FITRI SULEMAN / 151418020
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
Dhea Fitri Suleman, 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Muatan IPS Di Kelas IV SDN No. 17 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr Rustam I Husain, S.Ag, M.Pd dan pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A Rumusan masalah dalam penelitian ini "Peningkatan Nilai Hasil Belajar Siswa Setelah Menerapkan Model Project Based Learning Muatan IPS Di Kelas IV SDN No.17 Dungingi Kota Gorontalo. Tujuan penelitian, Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning Muatan IPS Di Kelas IV SDN No.17 Dungingi Kota Gorontalo. Pendekatan penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes uraian (essay) sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi adalah penunjuang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No.17 Dungingi Kota Gorontalo yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 18 orang atau 56,2%. Hasil ini belum mencapai indikator kinerja yakni 80%, sehingga dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Siklus II peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 28 orang dengan prosentase 87,5% dan telah mencapai kriteria indikator kinerja yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa muatan IPS di kelas IV SDN No.17 Dungingi Kota Gorontalo. Kata kunci : Model Project Based Learning, Hasil Belajar, IPS
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011