ESSAY

Writer / NIM
NI KADEK AYU MARINI / 151418021
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Ni Kadek Ayu Marini. 2022. Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui E-Modul Metode Total Physical Response Pada Siswa Kelas 1 di SDN 17 Dungingi Kota Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr Rustam I. Husain, S.Ag , M.Pd dan Pembimbing II Dra Dajani Suleman, M.Hum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan E-Modul Metode Total Physical Response, kemampuan menulis siswa kelas 1 SDN 17 Dungingi Kota Gorontalo akan meningkat?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 1 SDN 17 Dungingi Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian dari 14 siswa menunjukkan bahwa pada siklus 1 kemampuan menulis siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 7 siswa dengan persentase 50%. Hasil ini belum mencapai kriteria indikator kinerja yang ditetapkan yakni 80%, sehingga dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Siklus 2 siswa yang memiliki kemampuan menulis mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 12 siswa dengan persentase 86% dan telah mencapai kriteria indicator kinerja yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, pada pertemuan disetiap siklus, disimpulkan bahwa dengan melalui E-Modul Metode Total Physical Response dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 1 SDN 17 Dungingi Kota Gorontalo . Kata Kunci : Menulis, E-modul , Metode Total Physical Response
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011