ESSAY

Writer / NIM
SEPNIATI TINE / 151418023
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
Tine Sepniati, 2022. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan Ips Kelas IV SDN No. 17 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr Rustam I. Husain, S.Ag, M.Pd dan Pembimbing 2 Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pembelajaran IPS Dapat Ditingkatkan Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan Ips Kelas IV SDN No. 17 Dungingi Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No.17 Dungingi Kota Gorontalo yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 16 siswa dengan presentase 50%. Hasil ini belum mencapai kriteria indikator kinerja yakni 80%, sehingga dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Siklus II peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 30 siswa dengan presentase 93,75% dan telah mencapai kriteria indikator kinerja yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SDN No.17 Dungingi Kota Gorontalo. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif model jigsaw, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011